Sabtu, 16 Maret 2013

Tips Memilih Warung Makan Kaki lima

Dulu selama kuliah, saya punya langganan satu warung pecel lele dibelakang kampus. alasannya simple, dekat kostan dan  sehat. saya punya kebiasaan sebelum makan di warung kaki lima (pecel lele,)

1. lihat warna minyak gorengnya.
kalo tukang pecel lelenya menggoreng dengan minyak goreng sudah hitam apa lagi sangat hitam, maka saya tidak akan beli disitu. alasannya,minyak yg dipakai berulang sangat berbahaya bagi kesehatan. coba deh cek artikel ttg larangan menggunakan minyak goreng berkali-kali.

2. tempat cuci alat makan
coba deh iseng lihat bagaimana cara pedagang mencuci alat makannya. kalo cuma dengan 2 ember air yg digunakan berulang dan tidak diganti, bisa dibayangkan bakteri ecoli yg lagi nongkrong disitu. saya pernah menemukan di lapangan Gasibu bandung mencuci piring dengan air dalam ember yg sudah sangat kotor, kebetulan yg dijual batagor, airnya sdh merah banget bercampur sisa sambel batagor.

3. tampang penjualnya
kalo orangnya terlihat bersih dan rapi bisa jadi indikator kalo si penjual ini tidak jorok saat mengolah masakan. kebayangkan kalo kita makan makanan yang diolah...

ribet sih, kalo bujan kita yg peduli dengan kesehatan kita siapa lagi ? kan kita diperintahkan untuk makan makanan yg tidak hanya halal, tapi juga toyyib (baik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar