Sabtu, 14 Januari 2012

Wana Wisata Buper Batu Kuda


Bagi kawan-kawan yang ingin tempat berakhir pekan diwilayah Bandung Timur, Buper Batu Kuda bisa menjadi salah satu alternatif untuk dipertimbangkan. Murah meriah, dan menyehatkan.

Wana wisata Batu Kuda memiliki Luas 20ha termasuk dalam Kabupaten Bandung, Kecamatan Ujung Berung, Desa Cibiru Wetan. Terletak pada ketinggian antara 1.150-1.300m dpl, konfigurasi lapangan umumnya bergelombang, kawasan ini mempunyai curah hujan 2.000mm/th dengan suhu udara antara 19-27C. Batu Kuda tepat berada dikaki gunung Manglayang.


Rute yang bisa diambil untuk sampai ke Batu Kuda antara lain bisa Via Jalan Sadang (dekat Pom Bensin AL Maksoem Cibiru). Dengan roda 2 kita bisa tempuh kurang dari ½ jam. Kontur jalanan cenderung menanjak dengan kondisi jalan beraspal, beton dan batu. Rata-rata untuk jalan beraspal sudah banyak mengalami kerusakan. Jalanan berlubang dimana-mana. Nampaknya lapisan aspal tergerus oleh air hujan.

Semakin keatas jalanan semakin sempit hanya cukup dilalui oleh 1 mobil. Kalaupun kita tetap menggunakan mobil, nampaknya agak repot jika berpapasan dengan mobil lain. Namun insyaallah tetap bisa kita lalui, asal tetap berhati-hati.

Untuk masuk ke Wana Wisata Batu Kuda, kita dikenaikan retribusi sebesar Rp. 3000. Memasuki Wana Wisata Batu Kuda, kita akan disambut oleh beberapa bangunan sederhana. Pertama adalah pos retribusi, kemudian dipintu masuk utama terdapat gapura bertuliskan Wana Wisata Buper Batu Kuda. Disebelah kanan nampak bangunan operator Buper Batu Kuda. Kemudian tepat dibelakang bangunan tersebut terdapat Mushola kecil.

Didalam area buper Batu Kuda terdapat beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Mulai dari Mie Rebus sampai Bandrek. Cocoklah untuk menghangatkan badan. Secara keseluruhan Wana Wisata Batu Kuda cukup cocok bagi kita yang suka berwisata alam. Udara masih sejuk dan seluruh area buper dipenuhi oleh barisa pohon pinus yang menjulang tinggi dengan suara khas-nya saat ditiup angin.



Ada satu hal yang kurang “menyenangkan” di Wana Wisata Batu Kuda ini, yaitu kamar kecil yang kurang terawat. Nampaknya sudah menjadi ciri khas tempat-tempat umum di Indonesia.

But any way, berwisata di Wana Wisata Batu Kuda cukup menyenangkan, udara sejuk, hijau dan tenang. Saya kira tempat ini cocok untuk bersama keluarga bersantai disana menikmati alam yang masih asri sambil menikmati nasi timbel hangat dari pada mengajak anak-anak ke Mall yang cenderung mendidik anak untuk konsumtif.

Have a nice week end guys

2 komentar:

  1. pernah kesanaaa..! naiknya dr Lembang kalo gak salah inget. turunnya di batukuda.

    aah, jd kangen naik gunung ;d

    salamkenal, pak Ali
    titintitan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wewww, tetangga ruangan ternyata.., salam ke pak ramzy dan pak iman ya... he he

      Hapus